Sabtu, 09 Maret 2013

KIMIA



Pemisahan Kasein dalam Susu
Tujuan
 Untuk menunjukkan pemisahan kasein dari susu, membentuk zat plastik susu.
Penjelasan
Kasein adalah phosphotien dominan (sekelompok protein yang secara kimia terikat pada suatu zat yang mengandung asam fosfat) yang menyumbang sebagian besar protein yang ditemukan dalam susu dan keju. Selain itu, kasein digunakan dalam pembuatan berbagai barang termasuk kain, lem, plastik, dan lapisan pelindung.  
Bahan yang diperlukan
  • Gelas
  • Susu Bubuk
  • Cuka
  • Sendok
Langkah-Langkah :
  • 1. Isi gelas dengan susu, dan larutkan dengan air hangat,
  • 2. Masukkan cuka ( ) dengan menggunakan sendok,
  • 3. Perlahan masukkan cuka ke dalam susu hangat dan aduk dengan sendok,
  • 4. Tunggu 10 menit sampai terlihat kasein yang mengendap pada dasar gelas,
  • 5. Pastikan campuran tidak terlalu panas, kemudian perlahan-lahan tuangkan susu keluar tangan, dan terlihat kasein (zat pelastik dalam susu).
Pengamatan
1.      Apa yang muncul terjadi ketika cuka yang masukkan ke dalam segelas susu dan diaduk?
2.      Ketika susu dituangkan dari gelas, apakah kita mampu menangkap partikel-partikel plastik susu?
3.      Mengapa menggunakan cuka untuk mengendapkan kasein ?

Jawaban
1.      Yang terjadi adalah kasein (zat yang berwarna putih bening) dan susu terpisah, kasein mengendap di bawah gelas dan itu yang disebut dengan zat pelastik dalam susu.
2.      Tidak, karena partikel-partikel tersebut berada pada zat cair.
3.      Asam asetat merupakan asam karboksilat yang mempunyai rumus molekul CH3COOH. Bahan ini larut dalam air, alkohol, gliserol dan eter.
Kami menggunakan Asam cuka karena asam cuka  merupakan koagulan (bahan penggumpal) yang baik dan memiliki daya reaksi kimia yang sangat tinggi contohnya dalam pembuatan tahu. Dan Kasein dapat diendapkan oleh asam, enzim rennet, dan alkohol. Itu mengapa alasan kami menggunakan asam cuka.
Mengakibatkan
Susu mengandung bahan kimia yang disebut kasein. Kasein dapat dipisahkan dari sisa susu menggunakan cuka. Cuka () berfungsi untuk mengendapkan kasein dalam susu dan menggumpalkan kasein tersebut. Kasein ini adalah jenis plastik, yang merupakan bahan kimia yang terbuat dari rantai panjang dari bagian-bagian kecil (atom) bergabung bersama-sama.

Teori Yang Digunakan
KOLOID dan PENGASAMAN
            Percobaan ini bertujuan untuk mengisolasi kasein dari susu. Dalam percobaan ini digunakan susu bubuk. Isolasi kasein dapat dilakukan dengan pengasaman. Dalam percobaan dilakukan isolasi kasein dengan cara pengasaman yaitu dengan menambahkan asam asetat glacial.
            Susu merupakan system koloid yang system terdispersi dan pendispersinya adalah zat cair (emulsi). Sistem ini tidak terlalu stabil tetapi pada susu, system koloid ini distabilkan dengan adanya kasein sebagai emulgator.



1 komentar: